ANALISIS PENINGKATAN DAYA BELI KONSUMEN DAN PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA ALFAMART TELUK GONG 3, JAKARTA UTARA

Authors

  • Hersanius Kurnia Peong Politeknik eLBajo Commodus Author
  • Kristoforus Toni Harjo Politeknik eLBajo Commodus Author
  • Eugenius Besli Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero Author

Keywords:

Peningkatan Daya Beli, Alfamart Teluk Gong, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis menyeluruh terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam upaya meningkatkan daya beli konsumen di Alfamart Teluk Gong 3, Jakarta Utara melalui pendekatan analisis SWOT. Metode yang diterapkan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan alat analisis SWOT untuk mengevaluasi posisi Alfamart Teluk Gong 3, Jakarta Utara. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Alfamart Teluk Gong berada di kuadran 1. Strategi yang dapat dijalankan adalah dengan memanfaatkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), yaitu dengan meningkatkan kualitas dan mutu produk, serta memperluas pangsa pasar pada segmen menengah ke bawah melalui kegiatan promosi. Upaya promosi harus mempertimbangkan ketersediaan harga yang terjangkau bagi konsumen, peningkatan fasilitas yang sudah ada, inovasi untuk menambah fasilitas pendukung yang belum ada, ekspansi melalui pembukaan outlet baru untuk meningkatkan penjualan, serta perekrutan karyawan yang berpengalaman dalam bidang pemasaran dan pelayanan ritel.

 

References

Ahmed, A., Talreja, S., & Naz, H. (2018). Building consumer-based brand equity in retail banks: A quantitative study on a Pakistani star bank. Etikonomi, 17(2), 253-264. https://doi.org/10.15408/etk.v17i2.6728

Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Examining the effect of product assortment and price discount toward online purchase decision of university students in Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 20(2), 99-104. https://doi.org/10.9744/jmk.20.2.99-104

Amin, S., & Mahasan, S. S. (2019). Difference between consumer preferences to choose between traditional retailing and modern retailing. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR), 14(1), 63-70.

CEICData, D. (2022). Indonesia Pertumbuhan Penjualan Ritel. Retrieved from https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/retail-sales-growth

Fatyandri,et.al. (2023). Analisis Pengaruh Swot Pada Pt . Coca-Cola. Kolegial. 11(2), 130–136.

He, L., Freudenreich, T., Yu, W., Pelowski, M., & Liu, T. (2021). Methodological structure for future consumer neuroscience research. Psychology & Marketing, 38(8), 1161-1181

Hee, O. C., & Yen, W. S. (2018). The influence of advertising media towards consumer purchasing behavior in the food and beverage industry in Malaysia. International Journal of Human Resource Studies, 8(2).

Hendrawan, A. K., Wachidah, S. F., & Restuningsih, A. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis Kedai Kopi Makosan dengan Menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC). Jurnal Optimasi Teknik Industri (JOTI), 5(1), 32. https://doi.org/10.30998/joti.v5i1.15623

Kotler, P., & Keller, K. (2017). Marketing management (15th ed.). Prentice Hall, Inc.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kurniawan, P. (2020). Strategi pengembangan pasar untuk meningkatkan volume penjualan pada mebel (Studi kasus pada mebel Bapak Supar Desa Penggung Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 7(1), 59-65. https://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/view/7492/4697

Lubis, D. (2018). The study on the income and purchasing power of North Sumatera Province. Advances in Social Sciences Research Journal, 5(11). https://doi.org/10.14738/assrj.511.5205

Maleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, M. (2022). Strategi mix marketing (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) 7p di PD Rasa Galendo Kabupaten Ciamis. Jurnal Media Teknologi, 08(02).

Purnamasari, S. (2018). Strategi pemasaran Pegadaian Syariah dalam meningkatkan penjualan jasa produk (Studi kasus pada Pegadaian Unit Layanan Syariah Sultan Adam Banjarmasin). Jurnal Studi Ekonomi, 9(1), 25-37. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/taradhi/article/view/2085/pdf

Rangaswamy, A., Moch, N., Felten, C., Van Bruggen, G., Wieringa, J. E., & Wirtz, J. (2020). The role of marketing in digital business platforms. Journal of Interactive Marketing, 51(1), 72-90.

Rismayani, R., & Sari, I. P. (2018). Analysis of business strategy in furniture company. International Journal of Science and Research, 8(6), 2391-2396. https://www.ijsr.net/archive/v8i6/ART20199120.pdf

Sari, A. M. P., Safitri, R. J. N., & Fitriyanti, S. (2021). Analisa sistem pemasaran industri mebel di UD. Sumber Utama. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 11-22. https://e-journal.my.idatjpmarticleview13591246

Sozuer, S., Carpenter, G. S., Kopalle, P. K., McAlister, L. M., & Lehmann, D. R. (2020). The past, present, and future of marketing strategy. Marketing Letters, 31, 163-174.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sunyoto, D., & Susanti, F. E. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Caps (Center for Academic Publishing Service), Yogyakarta.

Suryana. (2016). Kewirausahaan Kiat dan Proses Maju Sukses. Salemba Empat, Jakarta.

Sylvana, A., Awaluddin, M., & Mutahajjid, A. (2020). Marketing strategy model based on the benefit of Sharia property developers in Indonesia. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8123–8135

Tohri, A., Mastur, M., Habibuddin, H., Syamsiar, H., & Parhanuddin, L. (2023). Dampak Sosial Dan Ekonomi Ritel Modern (Alfamart dan Indomaret) Terhadap UMKM di Lombok Timur. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 5(1), 45–56. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v5i1.280

Varadarajan, R. (2020). Customer information resources advantage, marketing strategy, and business performance: A market resources-based view. Industrial Marketing Management, 89, 89-97.

Wibisono, D. (2020). Marketing strategy of Radiology Coffee Shop using influencers through Instagram social media. J.ad’ministrare, 7(1), 191

Downloads

Published

2024-05-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS PENINGKATAN DAYA BELI KONSUMEN DAN PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA ALFAMART TELUK GONG 3, JAKARTA UTARA. (2024). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen STIE Karya, 1(2), 1-10. https://ejurnal.stie-karya.ac.id/index.php/jsk/article/view/12