PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY
Keywords:
e-money, Persepsi Keamanan, persepsi Kepercayaan, Minat Menggunakan e-moneyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi keamanan dan kepercayaan masyarakat terhadap minat menggunakan e-money. Sampel penelitian ini adalah masyarakat yang menggunakan e-money Mandiri, Brizzi, TapCash, Flazz BCA, dan e-money Danamon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah persepsi keamanan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan e-money dan persepsi kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan e-money. Pemasar perlu lebih agresif dalam mempromosikan produk e-money karena masyarakat mempersepsikan bahwa e-money dapat dipercaya.
References
Abrazhevich, D. (2004). Electronic Payment Systems: A User-Centered Perspective and Interaction Design. Thesis .
Ajzen, & Fishbein. (1980). Understanding Attidtudes and Predicting Social Behavior Englewood Clifts. New Jersey :: Prentice Hall.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS versi15. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harris, Guru, B.K., & Avvari, M. (2011). Evidence of Firms’ Perception Toward Electronic Payment Systems (EPS) in Malaysia. International Journal of Business and Information.
Kim, C. T. (2010). Electronic Commerce Research and Applications-An Empirical Study of Customers’ Perceptions of Security and Trust In E-payment Systems. Retrieved from Science Direct Journal Database , 84-95.
Kotler, & Keller. (2016). Marketing Management (15 ed.). Harlow: Pearson.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 14. Jakarta: PT. Indeks.
Lim, & Kurnia. (2007). Exploring The Reasons for A Failure of Electronic Payment Systems A Case Study of An Australian Company. Journal of Research and Practice in Information TechnologY .
Mahardika, B. (2011). Factor Determining Acceptance Level of Internet Banking Implemantation. Journal of Economics, Business.
Malhotra, N. K. (2009). Riset Pemasaran, Edisi 4. Jakarta: PT. Indeks.
Mohammad, A. e. (2011). Adoption of Internet Banking By Iranian. The International Journal of Management Science and Information Technology Vol 1 No. 1 .
Nobuhiko, S. (2009). Electronic Money and The Law: Legal Realities and Future Challenges. Pasific Rim Law and Policy Journal Association , 511-524.
Psikologi, P. (2010). Pendidikan Psikologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sfenrianto, J. (2015). Procedia Computer Science-A Model of Factors Influencing Consumer’s Intention to Use E-payment System in Indonesia. Science Direct Journal Database .
Solomon, M. (2015). Consumer Behavior (11 ed.). Harlow,England: Pearson.
Timothy, H. (1998). To Regulate or Not?Managing The Risks of E-money and Its Potential Application in Money Laundering Schemes. Harvard Journal of Law and Technology , 11(3), 834-863 .
Watang, & Miswanto. (2022). Mood Management as Mediator In Consumer Motivation and Impulsive Buying Relationship. Kinerja Vol.26 , 137-150.
www.bi.go.id
www.bis.org