PENGARUH EFISIENSI, KEAMANAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT NASABAH BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA NASABAH BRI CABANG RUTENG

Authors

  • Rikardus Nardin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Karya Author
  • Kordianus Larum Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Karya Author

Keywords:

Efisien, Keamanan, Kemudahan, Minat Nasabah, Transaksi, Mobile banking

Abstract

Hadirnya mobile banking juga dapat memberikan dampak yang positif dikarenakan tujuan utama dari Mobile Banking yaitu untuk  mempermudah nasabah dalam melakukan setiap transaksi yang ingin dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efisiensi, keamanan, dan kemudahan terhadap minat nasabah bertransaksi menggunakan mobile banking pada nasabah Bri Cabang Ruteng. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran koesioner kepada  52 responden yaitu kepada nasabah BRI CABANG RUTENG, metode analisis regresi berganda menggunakan bantuan software IBM SPSS Versi 22. Hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa variabel efisiensi dan kemudahan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah bertransaksi menggunakan mobile banking, sedangkan variabel keamanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah bertransaksi menggunakan mobile banking. Hasil penelitian selanjutnya menunjukan bahwa secara bersama-sama variabel efisiensi, keamanan dan kemudahan terhadap minat nasabah bertransaksi menggunakan mobile banking.

References

Sugiyono., 2013, Metode Penelitian bisnis, Alfabeta, Bandung.

A'la, C. N. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (FINTECH)(Studi Pada Masyarakat Kota Medan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Badaruddin, B., & Risma, R. (2021). Pengaruh Fitur Layanan dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking. MARGIN: Journal of Islamic Banking, 1(1), 1-13.

Fadlan, A., & Dewantara, R. Y. (2018). Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan terhadap penggunaan mobile banking. Jurnal Administrasi Bisnis, 62(1).

Fitria, A., Munawar, A., & Pratama, P. P. (2021). Pengaruh Penggunaan Internet Banking, Mobile Banking Dan SMS Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BNI. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 43-52.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif: Teori, penerapan, dan riset nyata. Anak Hebat Indonesia.

Kurniawati, Hanif astika., Winarno, Wahyu Agus., & Arif Alfi (2017). Analisis minat penggunaan mobile banking dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang telah dimodifikasi. Kalimantan: Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas Jember (UNEJ). E- Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, volume 4(1), 24-29.

Mukhtisar, M., Tarigan, I. R. R., & Evriyenni, E. (2021). Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh). Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 3(1), 56-72.

Munthe, S., Harahap, J. M., & Hamzah, A. (2023). Pengaruh Kemudahan Transaksi Dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Pada Bank Sumut Kampung Pajak. 5(1), 20-33.

Riswandi, B. A. (2015). Aspek hukum internet banking.

Rizky, M., Hayati, I., & Ruzky, U. D. (2024). Pengaruh Keamanan Layanan terhadap Keputusan Penggunaan QRIS Bank Syariah Bagi Mahasiswa Fakultas Agama Islam UMSU. Krigan: Journal of Management and Sharia Business, 1(1), 95-109.

Saragih, W. S. (2021). Faktor-Faktor E-Service Quality Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Pengguna Internet Banking (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Marelan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Shita, R. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Konsumen Menggunakan Kartu Mandiri E-Money Bank Mandiri. Jurnal Ilmu Ekonomi (Manajemen Perusahaan) Dan Bisnis, 4(02), 39-48.

Tjini, dan Baridwan. 2013. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi kenyamanan terhadap minat menggunakan Internet Banking. Jurnal Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH EFISIENSI, KEAMANAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT NASABAH BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA NASABAH BRI CABANG RUTENG. (2024). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen STIE Karya, 1(2), 58-69. https://ejurnal.stie-karya.ac.id/index.php/jsk/article/view/16