Corporate Social Responsibility (CSR): Peran CSR dalam Memoderasi Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan
Keywords:
Return on Equity, Debt to Total Aset, Current Rasio, Nilai Perusahaan, Corporate Social ResponsibilityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan yang
diukur dengan Return on Equity, Debt to Asset Ratio, dan Current Ratio terhadap
Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi
pada perusahaan manufaktur sub sektor semen dan keramik porselin yang terdaftar
di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2024. Penelitian ini dilakukan menggunakan
metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 14 perusahaan yang
terdiri dari sektor semen 6 perusahaan dan sektor keramik porselin 8 perusahaan.
Dari populasi tersebut sampelnya berjumlah 13. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling. Data laporan keuangan diperoleh dari
www.idx.co.id dan analisis menggunakan program SPSS versi 24. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Return on Equity dan Debt to Asset Ratio berpengaruh
signifikan terhadap Nilai Perusahaan sedangkan Current Ratio tidak berpengaruh
terhadap Nilai Perusahaan. Variabel moderasi Corporate Social Responsibility
memperkuat pengaruh Return on Equity dan Debt to Asset Ratio terhadap nilai
perusahaan, tetapi memperlemah pengaruh Current Ratio.
References
Daftar Pustaka
.
Almeida, H., & Campello, M. (2016). The effect of corporate capital structure on corporate performance. Journal of Corporate Finance, 37, 1-15. https://doi.org/10.1016/j.jcorpfin.2016.01.002
Baker, M., & Wurgler, J. (2018). Behavioral corporate finance: An updated survey. In Handbook of the Economics of Finance (Vol. 2, pp. 1-60). Elsevier. https://doi.org/10.1016/bs.hesfin.2018.01.001
Chandrarin, G. (2017). Metode Riset Akuntansi (Pendekatan Kuantitatif). Jakarta: Salemba Empat.
Cheng, B., Ioannou, I., & Serafeim, G. (2016). Corporate social responsibility and access to finance. Strategic Management Journal, 37(1), 1-23. https://doi.org/10.1002/smj.2340
Christiawan, Y. J., dan Tarigan J.(2014). Kepemilikan Manajerial: Kebijakan Hutang, Kinerja dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Universitas Kristen Petra. 9(1).PP 1-8
Deloof, M. (2016). Does working capital management affect profitability of Belgian firms? Journal of Business Finance & Accounting, 30(3-4), 573-588. https://doi.org/10.1111/jbfa.12032
Dewi, R., Sari, D. P., & Putri, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(1), 45-60.
Eccles, R. G., Ioannou, I., & Serafeim, G. (2016). The impact of corporate sustainability on organizational processes and performance. Management Science, 62(11), 1-16. https://doi.org/10.1287/mnsc.2015.2169
García-Sánchez, I. M., & Martínez-Ferrero, J. (2021). Corporate social responsibility and financial performance: Do group affiliation matters? Journal of Business Research, 124, 1-10. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.11.045
García-Teruel, P. J., & Martínez-Solano, P. (2018). The relationship between working capital management and profitability: Evidence from Spain. International Journal of Managerial Finance, 4(1), 1-14. https://doi.org/10.1108/17439130810845501
Harmono. 2011. Manajemen Keuangan: Berbasis Balanced Scorecard PendekatanTeori, Kasus dan Riset Bisnis. Jakarta: BumiAksara.
Hery. 2017.Teori Akuntansi Pendekatan Konsep Dan Analisis. Grasindo Jakarta
Hussain, M., & Ali, A. (2021). The impact of return on equity on firm value: Evidence from Pakistan. Journal of Business and Management, 23(4), 1-10. https://doi.org/10.9790/487X-2304010110
Kasmir. (2017). Pengaruh Solvabilitas, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan.Universitas Negeri Yogyakarta, 1-145.
Lestari, V. (2019). Pengaruh Current Ratio terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen,8(1), 1-15.
Mangantar, A. (2019). Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 15(3), 201-215.
Margolis, J. D., & Walsh, J. P. (2016). Misery loves companies: Whither social initiatives by business? Administrative Science Quarterly, 48(2), 268-305. https://doi.org/10.2189/asqu.48.2.268
Pramana & Mustanda. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Size terhadap Nilai Perusahaan dengan CSR sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Manajemen, Vol. 5. No 1. Universitas Udayana.
Raningsih et al., 2018. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol.7, No. 8, Hal1997-2026.
Royhaan, M. (2020). Pengaruh Return on Assets dan Debt to Equity Ratio terhadap Skor Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 8(1), 34-50.
Sawir, S. (2010). Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Empat.
Suntoso, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Solvabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 12(1), 78-90.
Suwitho, S. (2019). Pengaruh Return on Assets, Current Ratio, dan Debt to Equity Ratio terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(2), 123-135.
Wang, H., & Qian, Y. (2020). Do corporate social responsibility activities enhance firm value? An empirical study. Journal of Business Research, 116, 1-10. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.020
Wulandari, A., & Setiawan, A. (2023). Pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio, dan Return on Equity terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11(1), 1-20.
Yanti, N. (2019). Pengaruh Current Ratio terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 7(2), 1-12.